Cara Memasang Kode Adsense di Wordpress

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress — Adsense adalah salah satu dari produk Google yang memberikan kesempatan bagi para blogger seperti saya untuk mendulang cuan. Kalau Google-nya sendiri mengatakan, “Kami menghargai konten Anda.”

Dan hari ini Adsense pun populer di kalangan para artis tanah air semenjak awal pandemi (Maret 2020) banyak para selebritis membuat karya konten di YouTube dengan tujuan sama, meraup uang dari Google Adsense.

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress

Ok itu sedikit prolog, kita kembali ke topik utama Cara Memasang Kode Adsense di WordPress. Di sini saya akan menguraikan caranya dalam dua versi. Cara pertama versi saya sendiri, cara kedua versi provider hosting dalam hal ini, IDCloudhost.

Cara Versi 1

Kita lakukan dengan cara pertama ya. Saya kini mulai membiasakan memasang plugin untuk menjalankan WordPress saat membuat artikel seminimal mungkin atau sesedikit mungkin. Lho, Kenapa? Alasannya sederhana, semakin sedikit memasang plugin pada blog yang kita kelola maka akan semakin ringan kinerja dari blog tersebut.

Jadi, ketika saya memasang kode adsense baik itu pada bagian <head> </head> dan di bagian <body> </body> – saya cukup membuka control panel atau CPanel dari hosting tempat saya menyewa. Hosting yang saya maksud kebetulan IDCloudhost.

Masuk ke Dasbor Akun Adsense

Yuk, login langsung ke dashboard Adsense-nya.

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress - login ke dashboard adsense
Cara Memasang Kode Adsense di WordPress – login ke dashboard adsense
  • Setelah login ke dasbor Adsense, tentunya kita akan langsung menuju beranda. Perhatikan menu vertikal di sisi kiri (lihat nomor 1),
  • Lalu silakan klik sub menu ringkasan dari menu utama Iklan (lihat nomor 2),
Cara-Memasang-Kode-Adsense-di-Wordpress- menu ringkasan
  • Silakan perhatikan halaman menu ringkasan secara utuh, setelah itu di bawah headline, “Izinkan Google menempatkan iklan Anda”, klik saja tulisan, “Dapatkan Kode” (lihat nomor 3),
Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara

Langkah berikutnya,

  • Perhatikan gambar, ikuti perintah, “Salin dan tempel kode Adsense di antara tag <head> </head> pada situs Anda”. Dalam poin ini, kita diajak untuk menempatkan kode di setiap halaman situs atau blog yang dikelola dan Google akan menampilkan iklan di semua tempat terbaik secara otomatis.
  • Perhatikan kode, itu merupakan pra tayang script yang akan kita salin untuk ditempelkan sesuai perintah. Silakan klik, “Salin cuplikan kode” (lihat nomor 4),

Masuk ke CPanel

Masuk ke Cpanel hosting yang disewa.
  • Sekarang login ke halaman hosting, rencananya kita akan masuk ke control panel atau masuk ke CPanel tempat kita menyewa hosting (lihat nomor 5),

Teman-teman .. Setiap hosting memiliki tampilan yang berbeda-beda, adapun hosting IDCloudhost tampilannya seperti di bawah ini.

Kenapa saya memilih IDCloudhost? Sebab, saya menemukan pengalaman yang menarik selama memakai jasa mereka baik dari segi komunikasi dan solusi cepat tanggap untuk permasalahan yang saya hadapi.

Ok, kita lanjut ke langkah berikutnya dari Cara Memasang Kode Adsense di Worpdress.

  • Setelah kita sudah masuk ke halaman hosting, silakan Anda klik, “Service” (lihat nomor 6),
Cara Memasang Kode Adsense di WordPress - Login ke Cpanel hosting yang kita sewa
Cara Memasang Kode Adsense di WordPress – Login ke Cpanel hosting yang kita sewa
  • Setelah terbuka, kita klik pada bagian menu, “Cloud Hosting Cpanel – Starter Pro” (ini hanya kebetulan saja hosting yang saya sewa ber-Cpanel Starter Pro). Persis di atas domain yang kita punya (lihat nomor 7),
Cara Memasang Kode Adsense di WordPress - Login ke Cpanel hosting yang kita sewa
Cara Memasang Kode Adsense di WordPress – Login ke Cpanel hosting yang kita sewa
  • Setelah terbuka, selanjutnya klik, “Login to cPanel” (lihat nomor 8),
  • Langkah berikutnya, agar cepat kita ke menu, “Quick Shortcuts” lalu klik File Manager (lihat nomor 9),
  • Selanjutnya setelah Cpanel File Manager terbuka, kita klik ganda Direktori public_html (lihat nomor 10),
  • setelah terbuka, kita klik folder wp-content (lihat nomor 11), lalu kita klik Folder theme (lihat nomor 12). Setelah folder theme terbuka, kita klik tema blog yang sedang kita jalankan, setelah itu kita pilih header.php.

Selanjutnya, klik folder theme (lihat nomor 12), lalu kita edit file header.php (lihat nomor 13),

Cara Memasang Kode Adsense di WordPress

Setelah terbuka, kita klik tombol edit (lihat nomor 14), kemudian kita coba paste, kode iklan Adsense di antara tag <head> </head> yang sudah disalin (lihat nomor 15).

Sampai di sini kita anggap sudah beres pemasangan kode iklan Adsense pada blog WordPress yang kita selama ini kelola. Bagaimana selanjutnya? Kita coba login lagi ke akun adsense lalu kita cek pra tayangnya seperti apa tampilan iklannya.

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Jitu Google My Business Tepat Sasaran

Caranya pilih kembali sub menu ringkasan pada menu utama iklan di halaman depan akun Adsense, lalu kita klik ikon pensil yang berada di pojok kanan bawah halaman ringkasan (lihat nomor 16).

Cara-Memasang-Kode-Adsense-di-Wordpress-Pra-Tinjau-Iklan-di-Wordpress

Langkah terakhir, coba pastikan Google Adsense menampilkan iklan pada WordPress kita. Di halaman pra tinjau, kita bisa melihat contoh iklan yang tampil (lihat nomor 17).

Itulah cara pertama atau versi saya sendiri ketika menempuh proses pemasangan iklan Adsense di WordPress yang saya jalankan saat ini. Berikutnya Cara Versi 2 atau Cara dari IDCloudhost.

Kesimpulan

Client area adalah Istilah lain untuk halaman hosting.

Ada dua cara yang bisa kita lakukan ketika hendak memasang kode iklan adsense pada blog yang sudah approved bisa pasang iklan.

Dengan memasang kode iklan adsense tanpa plugin, kinerja blog akan lebih baik dibandingkan memasang dengan menggunakan plugin.

Bersambung

Untuk Cara Versi 2 … stay tune?!


Diterbitkan

dalam

, , ,

oleh

Comments

2 tanggapan untuk “Cara Memasang Kode Adsense di WordPress”

  1. […] halnya YouTube, bahkan jauh-jauh hari sebelum jamak orang faham bagaimana kita bisa mendulang adsense lewat konten YouTube – orang-orang lebih dulu mengerti caranya lewat konten artikel, yang […]

  2. […] Tentang bagaimana cara memasang kode adsense tersebut – terutama pengguna Blog WordPress, teknisnya sudah saya coba uraikan pada artikel: Cara Memasang Kode Adsense di WordPress. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.