Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog – Jamak yang masih bertanya tentang cara yang satu ini. Terutama bagi blogger yang baru memulai monetisasi blognya. Jadi, artikel kali ini tidak berlaku bagi blogger lama yang banyak pengalamannya.

Ok kita langsung saja.

Penuhi terlebih dahulu syarat dan ketentuan agar kita dapat memasang kode Google Adsense di Blog. Singkatnya, blog kita harus approved atau layak menjalankan tugas sebagai publisher mereka. Apa saja syarat dan ketentuannya?

Berdasarkan kasus yang saya sendiri alami, berikut poin-poin penting sebagai syarat dan ketentuan dari Google agar blog kita lulus dan boleh menjalankan Adsense.

Pasang Script atau Kode Adsense

Silakan menuju halaman login adsense. Kemudian Anda centang tanda Anda telah membaca dan menyetujui. Lalu klik LANJUT KE ADSENSE.

Cara Memasang Kode Google Adsense
Cara Memasang Kode Google Adsense

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Tentang bagaimana cara memasang kode adsense tersebut – terutama pengguna Blog WordPress, teknisnya sudah saya coba uraikan pada artikel: Cara Memasang Kode Adsense di WordPress.

Memakai Cara ke-2: Lewat Site Kit by Google

Namun, apabila belum berhasil atau tidak menjumpai kode adsense yang harus dipasang. Anda bisa mencoba cara ke-2 yaitu, lewat Site Kit by Google.

Pertama Anda ke dashboard WordPress yang berada di kiri atas, lalu pilih sub menu plugin.

Cara Memasang Kode Google Adsense

Lalu, tambah plugin – caranya sebagai berikut.

Cara Memasang Kode Google Adsense

Setelah sub menu Plugin terbuka,

  1. Buka Sub menu Plugin lalu klik tambah, bila menjumpai tombol tambah baru/add new, klik saja. (lihat nomor 1)
  2. Cari plugin Site Kit by Google. (lihat nomor 2)
  3. Lalu, pasang dan aktifkan. (nomor 3 dan 3.1.)

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Langkah berikutnya yang harus teman-teman lakukan adalah klik tombol START SETUP (lihat nomor 1). Lalu, teman-teman centang poin Connect Google Analytics as part of your setup dan seterusnya (lihat nomor 2).

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia

Namun, apabila teman-teman ingin menunda pemasangan Google Analytics – skip saja untuk langkah nomor 2 dan lanjutkan klik tombol SIGN WITH GOOGLE (lihat nomor 3). Karena pada kesempatan kali ini saya mempraktekkan setup berikut Google Analytics – mohon perhatikan uraian berikut ini.

Plugin Site Kit by Google akan mengajak teman-teman untuk memilih akun Gmail yang akan dipakai sebagai Publisher Adsense (lihat nomor 1). Lalu, plugin akan membuka halaman baru yang menerangkan bahwa plugin ingin menambah dan mengakses ke akun Gmail tersebut. Jika berkenan klik tombol Continue (lihat nomor 2).

Mari kita lanjutkan, teman-teman … Sekarang kita masuk ke tahap yang hampir selesai.

Pada tahap ini, saya mengambil contoh bahwa blog telah terverifikasi (lihat nomor 1), mungkin saja hal ini tidak akan terjadi pada praktek yang teman-teman lakukan (lihat nomor 1). Selanjutnya, klik tombol NEXT (lihat nomor 2).

Saya ambil contoh Soreangkupod – blog yang tengah saya kelola.

Klik Next saja (lihat nomor 1 dan 2).

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Sama pada tahapan berikutnya pun teman-teman tinggal klik Next (lihat nomor 3 di bawah).

Sampai akhirnya teman-teman akan menjumpai kalimat, “Congrats on completing the setup for Analytics!” dan seterusnya. Lalu silakan klik tombol OK, Got it! (lihat nomor 4 di atas).

Setelah itu, teman-teman akan melihat ada 3 (tiga) produk Google yang menjadi bagian dari plugin Site Kit by Google. Lantas, mana Menu Google Adsense sebagai tujuan utama dari artikel ini?

Ok, Berikutnya, agar kita bisa menggunakan akun Google Adsense – silakan klik, CONNECT MORE SERVICES (lihat panah merah pada infografik di bawah).

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Memasang Kode Adsense di Wordpress

Apabila sudah diklik, maka akan masuk ke halaman berikutnya.

Halaman tersebut (lihat nomor 1) menjelaskan tersisa ada tiga produk Google lainnya yang bisa teman-teman pergunakan; Google Adsense, Optimize dan Tag Manager. Tujuan kita ingin mendapatkan akun Google Adsense, langsung saja klik, Set up AdSense sesuai tanda panah (lihat nomor 2).

Pembuatan Akun Google Adsense

Berikutnya, plugin kembali meminta ijin akses untuk keperluan pembuatan Akun Google Adsense yang teman-teman semua inginkan. Tentukan email yang akan teman-teman pakai untuk mendaftar Google Adsense (lihat nomor 1 di atas), dan plugin meminta akses (lihat nomor 2 di atas). Klik Continue apabila Anda berkenan (lihat nomor 3 di atas).

Pastikan Anda berhasil yang ditandai dengan ucapan selamat, “Congrats on Completing the setup for Site Kit!” Lalu, tanpa basa-basi lagi teman-teman klik, “OK, Got it!” (lihat nomor 1 di atas).

Di sinilah peran plugin Site Kit by Google sebagai alat utama saat pembuatan akun Google Adsense. Dari tahapan ini Site Kit mulai menempatkan kode adsense di blog kita untuk terhubung dengan akun Adsense dan membantu kita agar iklan bisa muncul di blog yang kita kelola (lihat nomor 1 di atas).

Selanjutnya teman-teman klik, Continue (lihat nomor 2 di atas). Setelah itu, kita akan diajak ke halaman berikutnya, yaitu memastikan iklan Adsense berpotensi muncul di blog dan akun terverifikasi yang ditandai dengan blog siap beriklan (lihat nomor 1 di bawah).

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Lalu klik, Continue (lihat nomor 2 di atas), setelah itu bergeser ke halaman selanjutnya, kita akan mendapatkan notifikasi bahwa akun AdSense telah terhubung dengan blog (lihat nomor 3).

Selanjutnya, kita akan mendapatkan beberapa informasi penting:

  1. Akun AdSense terhubung.
  2. mendapat publisher ID.
  3. Akun terverifikasi.
  4. Kode AdSense telah ditambahkan pada tempat yang sesuai oleh SIte Kit by Google.
  5. Iklan telah tampil untuk semua pengunjung yang membaca blog.
Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Parking Domain Blogspot di Dewaweb
Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog

Belum selesai sampai di sini, karena persyaratan lainnya seperti jangkauan indeks dan jumlah postingan termasuk kualitas artikel menentukan pendapatan AdSense. Namun dengan status akun AdSense seperti itu, teman-teman sudah memiliki peluang untuk meraup penghasilan.

Kesimpulan

Hari ini pengguna Google Adsense khususnya publisher dimudahkan mengenai kode script yang harus terpasang pada saat memonetisasi blog agar bisa menghasilkan uang dari adsense. Ini akan menjadi sumber pendapatan asalkan memenuhi persyaratan sebagai publisher.

Kami harap teman-teman yang membaca berkenan berkomentar atau bertanya terkait Cara Memasang Google Adsense di Blog ini. Selamat beraktifitas!


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

Satu tanggapan untuk “Cara Memasang Kode Google Adsense di Blog”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.