Cara Mendaftarkan Blog ke Google News

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ Salah satu cara mengoptimalkan artikel agar bisa segera terindeks di mesin pencarian adalah dengan ...

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News — Salah satu cara mengoptimalkan artikel agar bisa segera terindeks di mesin pencarian adalah dengan mendaftarkan blog ke Gnews atau Google News (Google Berita).

Berikut ini langkah-langkahnya.

Masuk ke Google Publisher Center.

Masuk ke Halaman Selamat Datang. Ada pembuka berupa ucapan selamat datang (lihat nomor 2.), silakan klik ok (lihat nomor 2.1.).

Tambahkan Data

Setelah ok, kita akan menambah data publikasi mulai dari nama blog (2.), url blog (3.), lokasi penayang berita (4.). Setelah lengkap klik tambah publikasi (lihat nomor 4.1.).

Di setelan publikasi silakan Anda ikuti satu per satu, mulai dari verifikasi Google Search Console, menambah logo persegi dan gambar panjang. Kemudian melengkapi deskripsi sebagai informasi dasar blog kita dan tentukan kategori. Lalu, Tentukan pendistribusian berita, apakah lokal atau internasional. Pilih saja lokal atau Indonesia.

Menambah Artikel di Content Settings

Perhatikan infografik di atas, saatnya kita masuk ke menu content settings (lihat nomor 1.), lalu bentangkan sub menu + New Section (lihat nomor 2.) hingga terbuka beberapa opsi, kita pilih memasang artikel dengan menggunakan feed (lihat nomor 3). Akhiri dengan klik tombol next (lihat nomor 4.).

Untuk menggunakan feed, kita bisa pakai cara paling gampang.

Klik kanan di halaman depan blog kita (lihat nomor 1.), lalu klik view page source (lihat nomor 1.1.) kemudian cari url feed yang tipe atom kemudian salin url (lihat nomor 2.).

Setelah url feed atom-nya kita salin selanjutnya kita tempelkan pada kolom url section di content settings. Lalu kita save di kanan atas dan lanjutkan atau next pada kanan bawah.

Perbaiki Isu yang Muncul

Lanjut ke tahap Review and publish, perhatikan nomor 1 dan 2 infografik di atas – keduanya dalam status review. Saatnya kita perbaiki hingga tombol publish menyala (lihat nomor 3.).

Kita tindaklanjuti satu per satu, yang pertama kita coba klik review untuk content (lihat nomor 1.), maka kita akan diajak untuk masuk ke menu Content Settings.

Pastikan List Artikel Sudah Muncul

Di bagian menu content settings di atas, silakan cek url yang sudah kita pasang di bagian sections (lihat nomor 1.). Lalu bentangkan tab Articles hingga terbuka dan menampilkan feed articles (lihat nomor 2.). Kalau sudah tampil klik tombol save di kanan kemudian lanjutkan dengan tekan tombol next di kanan bawah.

Lalu, lanjutkan dengan klik review bagian terms of service.

Sepakati Aturan Main dan Isi Data Diri

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ sepakati aturan main dan isi data diri
Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ sepakati aturan main dan isi data diri

Pada tahapan ini, Google Publisher mengajak kita agar membaca peraturan (lihat nomor 1.) lalu isi pula data diri dan data lain yang harus kita sertakan (lihat nomor 2.). Jangan lupa untuk klik tanda centang bahwa kita sudah membaca peraturan dan menerima term of service dari pihak Publisher Center lalu klik submit (lihat nomor 3.).

Tampilkan Pra Tayang

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ tampilkan pratayang
Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ tampilkan pratayang

Usai kira submit, perhatikan infografik di atas. Silakan masuk ke menu Review and publish (lihat nomor 1.), kita akan melihat draft yang sedari tadi kita persiapkan. Tampilkan pra tayang atau preview-nya (lihat nomor 2.) bila artikel hanya menampilkan teks yang tampil itu tidak apa-apa – lanjutkan klik publish (lihat nomor 3.).

Submit untuk Direview

Terakhir, kita submit blog yang sudah terbentuk sesuai langkah-langkah dari Publisher Center. Selebihnya, mari kita tunggu hingga waktu yang sudah mereka tentukan.

Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ submit untuk di-review
Cara Mendaftarkan Blog ke Google News ~ submit untuk di-review

Blog berita sedang dalam tahap review yang memakan waktu sekitar dua hingga empat minggu lamanya. Akan masuk email yang memberitahukan approved atau tidak. Kalaupun mereka belum menerima, kita masih bisa mencari sumber salahnya di mana lalu memperbaiki dan submit kembali sampai benar-benar mereka menerima dan blog berita pun bisa tayang. Selamat mencoba!


BACA JUGA: Cara Menampilkan Foto Google News Agar Menarik

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *