Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia

Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia

Sudah cukup lama saya membantu produk-produk UKM Bandung dengan menjadi penjual (Seller) di beberapa marketplace. Salah satunya saya berjualan Keripik Tugu milik ibu Sri yang tempatnya tidak jauh dari rumah saya di Soreang.

Dan beberapa hari yang lalu, tepatnya pada Selasa, 22 Nopember 2022 – saya mendapatkan Pemesanan Keripik Tugu via Tokopedia, dan pelanggan saya memilih kurir Pos Indonesia.

Tidak ada persoalan yang berarti. Saya koordinasi dengan pemilik produk, lalu keripik pun saya kemas serapi mungkin untuk kemudian saya bawa ke kantor pos terdekat. Oh ya, perlu diketahui – seller harus antar sendiri ke sana. Sebab, Pos Indonesia tidak seperti ekspedisi lainnya, menawarkan fitur penjemputan barang (pick up).

Singkat cerita, sampailah saya di Kantor Pos Indonesia Soreang yang berada di Ruko depan Grand Sunshine Hotel. Permasalahan mulai timbul, karena menurut pegawai yang melayani, Pos Indonesia sudah lama tidak bekerjasama dengan Tokopedia sebagai ekspedisi pengiriman dalam aplikasi.

Sempat bingung sebentar, lalu saya pun kembali pulang ke rumah. Taklama, saya coba berkoordinasi dengan pembeli (buyer) Keripik Tugu lewat chat messenger WA. Saya coba jelaskan bahwa, ekspedisi yang dipilih pembeli sudah lama tidak bekerjasama dengan Tokopedia.

Lalu, saya coba informasikan bahwa kami akan mengganti ekspedisis selain Pos Indonesia. Pembeli pun berkenan saat kami mengganti ekspedisi untuk pengiriman keripik tugu yang dipesannya.

Cara Lacak Status Pengiriman Setelah Mengganti Kurir

Tadi pagi saya sudah klik tombol Lacak untuk memantau status pengiriman. Dan nampaknya penggantian kurir berjalan dengan baik.

  1. Buka Tokopedia Seller di ponsel. Di beranda (Home) pilih menu Dalam pengiriman (lihat nomor 1).
  2. Selanjutnya pada menu Pesanan Dikirim, klik lacak (lihat nomor 2).
  3. Ciri-ciri penggantian kurir berhasil dengan baik, muncul; Nomor Resi, Tanggal pengiriman, Service (Misal: SIUNT – kependekkan dari Si Untung, fitur dari SiCepat), Penjual, Pembeli, Estimasi Tiba, dan status Shipping.(lihat nomor 3).
Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Serunya Koordinasi Proses Mencetak Brosur dengan Operator Mesin HP Indigo
Cara Lacak Status Pengiriman Setelah Mengganti Kurir

Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia

[1] Klik Siap Kirim

Pastikan kita berada di dashboard Tokopedia Seller. Kemudian masuk ke menu, “Siap Kirim.

[2] Klik Pesanan Diproses

Setelah itu, Pengguna akan diajak ke menu berikutnya. Di sini, pengguna klik, “pesanan diproses”.

[3] Klik titik 3

Berikutnya, Pengguna klik tanda titik 3 yang ada di bawah kiri (lihat infografik di bawah).

Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia. Caranya mudah karena hanya beberapa langkah saja agar kita bisa mengganti kurir meskipun sudah mencetak label kurir sebelumnya.

[4] Klik Opsi Ganti Kurir

Kemudian pengguna akan diajak ke halaman selanjutnya, untuk memilih opsi, “Ganti Kurir” (lihat infografik di atas).

[5] Klik Konfirmasi

Apabila sudah memastikan kurir pengganti, sebagai contoh yang sudah saya alami saja, ya.

Awalnya, pembeli memilih kurir Pos Indonesia lalu saya menggantinya dengan memilih Kurir Si Cepat Konvensional atau manual. Dan saya tidak lupa klik,”Konfirmasi” – Selesai.

Ada masalah kah? Tidak ada! Bahkan, saya sudah mencairkannya tadi malam (Sabtu, 26/11). Teman-teman … Caranya terbilang mudah karena hanya beberapa langkah saja agar kita bisa mengganti kurir meskipun sudah mencetak label kurir sebelumnya.

Semua Informasi Ada di Tokopedia Care

Di balik keberhasilan mengganti kurir di Tokopedia ini, saya cari-cari informasi terlebih dahulu. Dan yang saya lakukan adalah dengan membaca penjelasan langsung dari Tokopedia.

Infografik Langkah-langkah Mencari Informasi di Tokopedia Care.
  1. Saya masuk ke halaman Tokopedia Care. Dari sini sebelum melakukan hal-hal lebih lanjut, saya pilih sebagai penjual.
  2. Lalu kita ketikkan tema yang sesuai dengan permasalahan yang tengah kita hadapi.
  3. Tokopedia mengingatkan Penjual supaya menghubungi pembeli dan menyepakati penggantian kurir
  4. Ada penjelasan dari Tokopedia mengenai yang bisa dan yang tidak bisa mengganti kurir.

Mengganti:

  • Kurir Konvensional โ†’ Kurir Instant โ†’ Tidak Bisa
  • Kurir Instan โ†’ Kurir Instant โ†’ Tidak Bisa
  • Kurir Instan โ†’ Kurir Konvensional โ†’ Bisa
  • Kurir Konvensional โ†’ Kurir Konvensional โ†’ Bisa
Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Menggunakan Fitur Kasir di Aplikasi Labamu

Kesimpulan

Perlu diperhatikan, sebaiknya teman-teman menon-aktif-kan fitur ekspedisi dari Pos Indonesia agar tidak effort seperti yang sudah saya alami.

Saat menghadapi kendala terkait jual-beli di Tokopedia, khususnya Anda sebagai seller, tidak perlu panik. Cukup pergunakan Tokopedia Care. Ada banyak menu pilihan yang bisa dibaca-baca, seperti kendala seputar:

  1. Atur Akun dan Toko
  2. Fitur Penjualan
  3. Proses Pesanan
  4. Mitra Tokopedia
  5. Pengiriman (pembahasan saya saat ini)
  6. Laporan Penyalahgunaan
  7. Komplain Pesanan
  8. Tips Penjualan

Nanti setibanya pesanan 1 kilogram Keripik Tugu di tangan pemesan, Insya Allah artikel Cara Mengganti Kurir Saat Pengiriman Pesanan di Tokopedia akan di-update lagi. Selamat beraktifitas!

Update:

Pengalaman saya ini sudah terbukti berhasil barang sudah di tangan pembeli. Dan saya pun sudah menarik uang penjualan Keripik Singkong Tugu Bandung Original 500g via Tokopedia di Gerai Sentra UKM Bandung tersebut.


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.