Cara Menggunakan Fitur Kasir di Aplikasi Labamu

Cara Menggunakan Fitur Kasir di Aplikasi Labamu

Belum lama ini saya menjadi Fasilitator event Pelatihan Aplikasi Transaksi dan Pencatatan Keuangan Labamu (Bisa dibaca artikelnya di sini). Tidak saja bertugas memfasilitasi kebutuhan acara, mulai dari tempat, menyediakan snack, dan pastinya peserta pelatihan – saya pun berkesempatan turut mendapatkan pengetahuan cara menggunakannya.

Tujuan dari program pelatihan yang diselenggarakan oleh tim LABAMU ini guna membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam mengelola keuangan mereka. Di dalam pelaksanaannya, peserta diajak untuk menggunakan aplikasi LABAMU sebagai media yang membantu dalam pencatatan dan manajemen keuangan. Ujung-ujungnya, peserta faham cara menggunakan aplikasi LABAMU secara efektif dan efisien dalam mengelola keuangan mereka.

Saya coba ulas kembali tentang Aplikasi Labamu. LABAMU merupakan unit bisnis yang menggratiskan penggunaannya khususnya pelaku UMKM. Ia adalah aplikasi pencatatan keuangan yang mampu membantu penggunanya dalam pengelolaan keuangan pribadi atau bisnis.

Aplikasi saat ini tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat teman-teman diunduh, pengguna OS Android bisa lewat Google Play Store dan pengguna iOS lewat App Store. Beberapa fitur yang sudah disedikan di dalam aplikasi antara lain:

  1. Pencatatan pengeluaran,
  2. Pencatatan pemasukan,
  3. Pengelompokkan kategori pengeluaran, serta
  4. Pembuatan laporan keuangan.

Kemarin pun (Selasa, 7 Maret 2023), saya pun menjadi MC (pemandu acara) dan saat itu saya menyaksikan peserta mendapatkan pengetahuan umum aplikasi LABAMU, pengguna bisa memantau pengeluaran dan pemasukan mereka setiap bulan dengan mudah. Selain itu, pengguna akan memperoleh gambaran tentang bagaimana keuangan mereka berkembang dari waktu ke waktu.

Direktur Utama Labamu, Arnold Sebastian Egg secara tele conference antara Korea dan Bandung.
Foto: Istimewa

Hal tersebut dijelaskan secara live streaming oleh Direktur Utama Labamu, Arnold Sebastian Egg secara tele conference antara Korea dan Bandung dihadapan semua peserta pelatihan.

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Kembali Isi Pelatihan, Kali Ini bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat

Manfaat utama dari menggunakan aplikasi pencatatan keuangan LABAMU, yaitu setiap penggunanya mampu melacak pengeluaran mereka, menganalisis kebiasaan pengeluaran mereka, dan membuat rencana pengeluaran yang lebih baik di masa depan dengan mudah.

Dengan membiasakan menggunakan aplikasi Labamu, pengguna bisa mengantisipasi pengeluaran yang tidak perlu yang pada akhirnya setiap orang bisa meningkatkan penghematan keuangan mereka.

Cara Menggunakan Fitur Kasir di Aplikasi Labamu

Dari beberapa fitur-fitur yang diberikan dalam pelatihan, akhirnya saya jatuh cinta sama satu fitur yaitu Fitur Kasir. Dengan fitur ini, saya bisa secara langsung menerbitkan invoice tanda lunas atau invoice sementara sambil pesanan diselesaikan.

Fitur kasir di aplikasi LABAMU memudahkan saya ketika mencatat transaksi penjualan produk atau jasa yang dilakukan pada suatu waktu tertentu. Sebagai contoh konkrit, kemarin saya mendapatkan pesanan pembuatan stempel dan pembuatan spanduk kain.

Contoh Penjualan Stempel dan Spanduk lewat Fitur Kasir LABAMU
Contoh Penjualan Stempel dan Spanduk lewat Fitur Kasir LABAMU

Untuk teman-teman yang tertarik dengan penggunaan fitur kasir dari Labamu, berikut adalah langkah-langkahnya;

  1. Buka aplikasi LABAMU di perangkat smartphone Anda dan pastikan Anda telah masuk ke dalam akun LABAMU Anda.
  2. Pada halaman utama aplikasi, pilih menu “Kasir” pada bagian bawah layar.
  3. Pilih tombol “Tambah Transaksi” untuk menambahkan transaksi baru.
  4. Pilih jenis transaksi, apakah itu penjualan produk atau jasa.
  5. Masukkan rincian transaksi, termasuk nama produk atau jasa, harga satuan, dan jumlah yang terjual.
  6. Jika diperlukan, Anda juga dapat menambahkan diskon atau biaya tambahan pada transaksi.
  7. Setelah rincian transaksi telah diisi, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan transaksi.
  8. Anda dapat melihat semua transaksi kasir yang telah Anda tambahkan di dalam menu “Transaksi” pada halaman kasir.
  9. Anda juga dapat mengekspor daftar transaksi kasir sebagai laporan keuangan dengan memilih tombol “Ekspor” pada bagian bawah halaman kasir.
Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Cara Membuat QR Code di CorelDraw

Teman-teman, berdasarkan pengalaman ini, setelah menggunakan fitur kasir di aplikasi LABAMU, saya terbantu saat mencatat transaksi penjualan. Saya benar-benar bisa melakukannya dengan mudah. Waktu pun bisa efisien, termasuk bagaimana saya bisa memonitor keuangan bisnis dengan mudah.

Pesan saya terakhir tapi penting, teman-teman agar memerhatikan dengan selalu menjaga keamanan data pribadi dan keuangan Anda. Pastikan teman-taman menggunakan kata sandi yang kuat serta tidak membagikan informasi akun Anda dengan orang lain.


Diterbitkan

dalam

, ,

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.