Contoh Tampilan Website Weebly Usaha Jasa Pembuatan Stempel

Inilah Cara Saya Berhasil Menampilkan Cuplikan Pilihan Google

Sebelum lebih jauh, saya coba jelaskan, “Apa itu Cuplikan Pilihan Google?” Dan kenapa begitu penting?

Inilah Cara Saya Berhasil Menampilkan Cuplikan Pilihan Google
Inilah Cara Saya Berhasil Menampilkan Cuplikan Pilihan Google

Cuplikan Pilihan Google

Cuplikan Pilihan Google adalah deskripsi yang sudah dipilih berupa cuplikan oleh Mesin Pencarian Google yang ada dalam sebuah artikel yang kita tulis di dalam blog atau website. Kemudian Google menempatkan cuplikan tersebut di posisi paling atas mesin pencarian.

Dan Google Developer sendiri mendefinisikannya sebagai berikut. “Cuplikan pilihan adalah kotak khusus dengan format hasil penelusuran reguler yang dibalik posisinya, sehingga cuplikan deskriptif ditampilkan terlebih dahulu.”.

Ada beberapa dari artikel yang terdapat pada sebagian blog yang saya kelola berhasil menampilkan cuplikan pilihan Google tersebut. Saya senang sekali mendapati hal ini, kenapa? Karena artikel tersebut secara SERP , berada di posisi teratas dibandingkan dengan artikel serupa yang pihak lain telah tulis dan sama-sama tayang di internet (khususnya di halaman pencarian Google).

Kenapa Begitu Penting?

Jadi kalau ada yang bilang, “emang penting ya?” Saya sih senang dengan pencapaian ini. Dan menjadi penting karena berdampak pada jumlah tayangan (views) dari artikel yang terpilih tersebut.

Apa sih ketentuannya, kok bisa artikel yang kita tulis menjadi Cuplikan Pilihan Google. Perlu teman-teman ketahui juga, peluang artikel yang kita tulis menjadi pilihan Google selain sebagai Cuplikan atau dulu kita mengenalnya dengan Rich Snippet Featured — tulisan teman-teman juga berpeluang untuk menjadi artikel pilihan dan tampil secara istimewa di beberapa fitur, seperti:

  1. Cuplikan Pilihan ✔ ini yang sedang saya uraikan.
  2. Orang Juga Bertanya
  3. Infografik Pengetahuan
3 Fitur lengkap sebagai artikel cuplikan pilihan Google
3 Fitur lengkap sebagai artikel cuplikan pilihan Google

Semua peluang tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang berlaku. Dan kali ini saya hanya akan menjelaskan sesuai yang sudah saya alami saja ya (based on experience) biar afdol 😎.

Inilah Cara Saya Berhasil Menampilkan Cuplikan Pilihan Google

Artikel Memenuhi Syarat

Syarat dan ketentuan agar artikel yang kita tulis dan tayang di online kemudian terpilih sebagai Cuplikan Pilihan Google adalah tulisan tersebut memang banyak dicari oleh warganet dan lengkap atau informatif.

Berdasarkan pengalaman, saya menulis artikel dengan kata kunci populer dan orang-orang mencarinya. Lalu artikel saya tulis selengkap mungkin sejak awal tayang. Dan sejak artikel tersebut masih baru alias nol tayangan, saya sudah melakukan optimasi SEO

Inspeksi URL dan Ping URL Artikel

Optimasi sederhana yang saya lakukan ada 2 (dua):

  • Yang pertama di Google Search Console artikel yang saya tulis tersebut lakukan Inspeksi URL
  • Cara yang ke-2, saya ping URL hanya menggunakan Pingomatic.

Artikel yang lengkap dengan prinsip 5W + 1H lalu ditambah dengan dua langkah sederhana tersebut, cukup bagi saya mengantarkan artikel yang tayang menjadi Cuplikan Pilihan Google.

Rajin Cek Kueri yang Relate dengan Artikel

Dan sesekali saya periksa kueri apa saja yang kerap orang cari dan relevan atau berhubungan dengan artikel kemudian sesekali pula saya lakukan pembaruan artikel tanpa harus membuat artikel baru. Cara ini terbukti berhasil.

Itu saja teman-teman yang selalu Saya lakukan ketika mengelola artikel-artikel untuk saya tayangkan sehingga Berhasil Menampilkan Cuplikan Pilihan Google. Ada yang ingin menambahkan atau bertanya? Silakan tulis di kolom komentar ya.


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.