Kategori
CERITA BARU sumedang

Isi Kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sumedang

Kang Adetruna saat Mengisi kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM di Sumedang

Beranda » Blog & Ulasan » Isi Kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sumedang

Berangkat dari Soreang pukul setengah lima pagi tadi (Selasa, 8/12) akhirnya bisa sampai juga di tempat Kegiatan Pemberdayaan UMKM dalam rangka Pelatihan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Pelaku Usaha (Digital Marketing). Kalau teman saya yang juga mengisi Kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sumedang ini mengatakan, “Alhamdulillah … Di penghujung akhir tahun masih tetap bisa berbagi dengan para UMKM Sumedang.”

Berhadapan dengan sekira 50 orang pelaku UKM Kabupaten Sumedang yang terdiri dari pengusaha makanan, termasuk herbal dan kue basah, craft hingga media tanam membuat saya terhibur. Pasalnya, semenjak pandemi — inilah perjalanan ke luar kota pertama dengan tujuan isi pelatihan. Jujur saja, kondisi covid-19 menahan kita untuk berkegiatan keluar rumah jauh-jauh. Bahkan kita ketat dianjurkan untuk work from home atau tagar di rumah aja.

saya yang akan banyak belajar kepada peserta

Bersama dengan Sapapreneur Indonesia, saya berkesempatan berbagi pengalaman dengan pelaku UMKM yang dibina oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sumedang. Seperti biasa, saya selalu mengajak peserta agar rileks saja karena saya akan berbagi pengalaman saja dan tidak menutup kemungkinan bahkan saya yang akan banyak belajar kepada peserta.

Suasana Kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sumedang beberapa saat sebelum dimulai.
Suasana Kelas Kegiatan Pemberdayaan UMKM Kabupaten Sumedang beberapa saat sebelum dimulai.

praktek membuat website sebagai alat pemasaran

Dari pagi hingga siang peserta disuguhi paparan tentang dasar kenapa kita harus memanfaatkan pemasaran digital. Sebagai contoh, saya menegaskan kalau hari ini segmentasi pasarnya sudah jelas; ada kalangan anak muda, perempuan dan warganet tinggal bagaimana kita berkreasi dengan ketiga kalangan tersebut. Lalu pada siang harinya hingga menjelang sore, peserta diajak untuk praktek membuat website sebagai alat pemasaran terkait dengan produk atau jasa yang dikelola oleh masing-masing peserta.

Adetruna
Saling, Yuk?

Oleh Adetruna

Adetruna : Driver 1k km Palu - Mamuju - Tana Toraja ajang Datsun Risers Expedition 2 Etape 2 Sulawesi, Fasilitator / Pendamping UKM JAWA BARAT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.