adetrunaaa Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI di Bandung

Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI di Bandung

UMKM merupakan salah satu pilar penting perekonomian Indonesia. UMKM memiliki kontribusi yang besar terhadap perekonomian nasional, yaitu sebesar 60,5% terhadap PDB dan 96,9% terhadap penyerapan tenaga kerja.

Pengembangan UMKM di daerah menjadi penting karena UMKM di daerah memiliki peran yang strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. UMKM di daerah dapat menyerap tenaga kerja lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan meningkatkan daya saing daerah.

Pengembangan UMKM di daerah berbagai pihak, antara lain pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dapat melakukannya. Pemerintah memiliki peran yang penting dalam pengembangan UMKM di daerah, yaitu sebagai regulator, fasilitator, dan mediator.

Pengembangan UMKM di daerah dapat pemerintah lakukan melalui berbagai upaya, antara lain:

  1. Peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM. Dengan melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas UMKM melalui pelatihan dan pendampingan. Dengan memberikan pelatihan dan pendampingan dalam berbagai bidang, seperti manajemen usaha, pemasaran, dan produksi.
  2. Pengetahuan akses pembiayaan. UMKM seringkali mengalami kesulitan dalam mengakses pembiayaan. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan dukungan dalam bentuk pembiayaan, seperti kredit usaha rakyat (KUR), kredit dari perbankan, dan kredit dari lembaga keuangan lainnya.
  3. Pengetahuan akses pasar. UMKM seringkali kesulitan dalam mengakses pasar yang luas. Oleh karena itu, pemerintah perlu memberikan dukungan dalam bentuk promosi dan pemasaran, seperti pameran, bazar, dan kurasi produk UMKM.

Dunia usaha dapat berperan dalam pengembangan UMKM di daerah melalui kerja sama dengan UMKM, seperti dalam hal pengadaan barang dan jasa, pelatihan, dan pemasaran. Masyarakat juga dapat berperan dalam pengembangan UMKM di daerah melalui dukungan moral dan finansial.

Sebagai perwujudannya, Kementerian Perindustrian RI., sudah menggelar serangkaian pelatihan di beberapa daerah di Indonesia. Seperti yang telah dikirimkan oleh rekan saya – potret suasana pelatihan di Semarang – Jawa Tengah.

Suasana Kelas Pelatihan UMKM di Semarang (istimewa)

Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI di Bandung

Dan besok (Rabu (27/12/2023) insya Alloh, masih sebagai rangkaian acara tersebut – saya akan Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI di Bandung – tepatnya di Hotel Grand Tebu.

Sedikitnya ada 2 (dua) tujuan yang ingin panitia pelaksana pelatihan ini capai, yaitu:

  1. Memotivasi UMKM untuk mengembangkan level usaha di setiap daerah.
  2. Memberikan jalan keluar dan saran strategis terhadap UMKM untuk menaikkan level usaha dari kecil ke menengah, dari menengah ke besar.

Untuk berbagi Pengalaman – Insya Alloh akan saya perbarui informasi mengenai pelaksanaan dari pelatihan ini setelah acaranya rampung.


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

Satu tanggapan untuk “Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI di Bandung”

  1. […] Melanjutkan cerita pengalaman yang saya tulis kemarin tentang Mengisi Kelas dari Pagi hingga Sore Bersama Kementerian Perindustrian RI. (Baca di sini). […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.