Optimalkan Google Business Profile Pakai Wordpress

Optimalkan Google Business Profile Pakai WordPress

Optimalkan Google My Business Pakai WordPress — Google My Business hari ini mengubah dirinya menjadi Google Business Profile. Dan memang, perubahannya tersebut membawa cukup drastis dan positif bagi penggunanya.

Apa itu Google Business Profile?

Bagi Anda yang sama sekali belum mengetahui, pasti akan bertanya, “Apa itu Google Business Profile?” Ia adalah produk baru dari produk lamanya Google. Jadi, Google mengubah Google My Business (GMB) menjadi Google Business Profile (GBP).

Bagaimana Cara Mendapatkan Google Business Profile?

Untuk mendapatkan GBP, teman-teman yang ingin mengelola lewat desktop atau komputer bisa langsung ke halaman resmi mereka di sini. Dan bagi yang ingin mendapatkannya di smartphone, silakan menuju ke tautan ini.

Apabila kita mencoba membukanya lewat desktop atau komputer, kita sudah diajak untuk ‘berkenalan’ dengan Google Business Profile. Namun, bagi yang membukanya lewat ponsel pintar, teman-teman masih menjumpai Google My Business.

Tampilan depan Google Business Profile di Desktop atau PC
Pengguna Smartphone masih menjumpai Google Business Profile

Pun bagi pengguna iOS, bisa menjumpai Google Business Profile di PC dan di smartphone. Menurut informasi, dalam waktu dekat aplikasi Google My Business akan diganti dengan aplikasi Google Maps. Lewat penggantinya tersebut, setiap pengguna bisa mengelola bisnis lewat mesin penelusuran dan maps. Dan menurut informasi, aplikasi Google Maps lebih memudahkan bagi pengguna berhubungan langsung dengan pelanggan.

Optimalkan Google Business Profile Pakai WordPress

Baik … Saya ajak teman-teman untuk kembali ke topik utama, tips mengoptimalkan Google Business Profile memakai platform WordPress. Sejatinya, GBP merupakan alat pemasaran yang terbilang handal asalkan kita mampu mengelolanya dengan baik dan benar. Apabila kita sudah mengelola Google Business Profile sesuai dengan prosedur, maka sudah pasti bisnis kita akan pelanggan temukan dengan mudah lewat penelusuran dan maps.

Caranya bagaimana? Ada beberapa cara agar pengelola GBP bisa berhasil mendapatkan pelanggan, antara lain:

  • Personalisasi Google Business Profil dengan Foto,
  • Lakukan penawaran terkait produk atau jasa yang sedang kita kelola,
  • Buat artikel yang berhubungan dengan produk atau jasa yang sedang kita kelola.

Dari ketiga poin tersebut di atas, saya akan mengajak teman-teman untuk fokus pada poin terakhir.

Membuat Artikel Menggunakan WordPress

Ada syarat dan ketentuan yang mutlak berlaku, yaitu teman-teman wajib menggunakan WordPress dengan hosting bukan yang gratis. Apabila hal ini sudah juga teman-teman lakukan, mari kita lanjutkan.

Pertama, teman-teman login lalu ke dashboard WordPress-nya masing-masing.

Saatnya Pasang Plugin

Pilih menu dashboard di kiri atas (lihat huruf a.) lalu pilih sub menu Plugin (lihat huruf b.) selanjutnya, tambah baru atau Add New (lihat huruf c.).

Selanjutnya, ketikkan di menu kata kunci, “Post to Google My Business” untuk menemukan plugin yang akan kita pasang (lihat huruf a.). Setelah itu, pilih plugin yang dimaksud (lihat huruf b.) lalu klik install sekarang (lihat huruf c.).

Selanjutnya, silakan teman-teman aktifkan plugin Post To Google My Business (Google Business Profile) yang telah terpasang (lihat huruf d.).

Kemudian lakukan konfigurasi pada plugin tersebut guna menentukan Bisnis mana yang akan terhubung dengan WordPress saat penayangan artikel. Perhatikan infografik berikut ini.

Infografik WordPress Post to GMB
Infografik WordPress Post to GMB

Caranya kembali ke dashboard (lihat nomor 1),

lalu pilih sub menu plugin Post to GMB (lihat nomor 2),

langkah berikutnya, masuk ke Google settings (lihat nomor 3), kemudian hubungkan wordpress kita dengan Google Business Profile yang selama ini dikelola (lihat nomor 3.1. dan 3.2.),

Pastikan terhubung (ada tulisan connected) (lihat nomor 3.3.).

Silakan buat artikel dan jangan lupa mengaktifkan tombol Post to GMB sebelum ditayangkan (lihat nomor 1.), perhatikan infografik berikut.

Beres.


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Comments

7 tanggapan untuk “Optimalkan Google Business Profile Pakai WordPress”

  1. Avatar Dwi Wahyudi

    Mantap nih artikelnya, baru tahu mengenai plugin ini. Akhirnya nemu juga cara autoposting ke Google My Business.

    1. Avatar Adetruna

      iya, nih … mumpung masih bisa. semoga terus-terusan bisa auto post 🙂

  2. […] sesi ini, saya insya allah akan jelaskan kepada peserta alasan utama kenapa kita harus memanfaatkan Google Business Profile (GBP). Dan memang tepat sekali, panitia mengetengahkan materi GBP, karena ada update terbaru […]

  3. […] informasi nomor telepon. Hal lain yang akan menjadi materi utama adalah menginformasikan bahwa Google Business Profile masih menjadi alat yang ‘powerful’ sebagai strategi branding para […]

  4. Avatar Angga

    mantap nih, baru tau juga soal google business profile dan fitur wordpress saat ini yang semakin update.

    1. Avatar Adetruna

      Terima kasih sudah berkunjung di sini … Silakan dipraktekkan aja kang Angga 🙂

  5. […] Dan pada kesempatan malam ini (Minggu, 28/8) saya pun ingin kembali berbagi pengetahuan tentang Google Business Profile. Khususnya mengenai tata cara posting terutama pada menu Add […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.