Pengalaman Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat Aplikasi SAMBARA

Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara

Hari Rabu (27 Juli 2022) sekitar pukul 12 lebih 30 menit saya sudah berada di bilangan Sukamenak. Tujuannya saya hendak menemui mobil SAMSAT Keliling – sebab menurut informasi Jadwal SAMSAT Keliling, dari Senin hingga Sabtu salah satu unit berada di dekat Perumahan Permata Kopo Sukamenak. Ya, saya mau bayar PKB.

Saat saya tiba di lokasi, ternyata nihil – tidak terlihat ada tanda-tanda pelayanan SAMSAT Keliling. Akhirnya, saya pun hanya bisa pasrah, “Ya sudah … lain kali aja.” Namun, belum juga motor yang saya kendarai melaju kencang ternyata lokasinya pindah menjadi persis di sebelah kiri jalan takjauh dari arah seberang Permata Kopo.

Layanan SAMSAT Keliling Pindah ke Perumahan Emerald Residence

Bila kita mengacu pada informasi yang tertera di dalam aplikasi Sambara tentang lokasi SAMSAT Keliling di Wilayah II Kabupaten Bandung, di sana tertulis di Depan Komplek Permata Kopo. Namun, setelah saya datangi Layanan SAMSAT Keliling Pindah ke Perumahan Emerald Residence.

Alhamdulillah … Akhirnya saya bisa menemukan Mobil SAMSAT Keliling. Dan saya langsung menghampiri petugas yang berada di dalam mobil. Lalu, saya sampaikan saya hendak membayar pajak kendaraan. Kemudian petugasnya bertanya, “Sudah dapat kode pembayaran?”

Saya jawab sudah, lalu petugas bilang lagi, “Kalau sudah silakan ke Alfamart dan lakukan pembayaran setelah itu bapak datang lagi ke sini.”

Tidak jauh dari lokasi Mobil SAMSAT Keliling nampak Alfamart Emerald, mungkin karena berada di komplek Ruko Emerald sehingga namanya pun seperti itu. Saya pun bilang ke petugas toko bahwa saya hendak membayar pajak kendaraan.

Dengan menyebutkan kode booking, pembayaran pun berhasil diproses. Lalu, saya persiapkan, lembar pengesahan / validation Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (vehicle registration certificate) atau STNK – saya keluarkan dari plastiknya, KTP dan Struk bukti pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang belum lama tadi saya bayar.

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  90% Pelanggan Suka dengan Foto atau Gambar Produk

Pengesahan STNK di Mobil SAMSAT Keliling Terbilang Cepat Prosesnya

Pengalaman bayar pajak motor di Alfamart – Tidak ada satu pun orang yang antri saat Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara waktu itu. Mulai dari mendapatkan kode pembayaran, lalu bayar di Alfamart kemudian pengesahan STNK di Mobil SAMSAT Keliling Kabupaten Bandung terbilang cepat prosesnya.

Cara Mendapatkan Kode Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Ini merupakan pengalaman saya yang kali pertama membayar PKB menggunakan Aplikasi Sambara. Cara yang saya lakukan kemarin yaitu;

[1] Buka Aplikasi Sambara di Smartphone

Buka aplikasinya. Kalau belum punya, silakan install dulu, pengguna Android di Google Play, sedangkan pengguna iOS belum dapat kesempatan membuka di gawainya (koreksi kalau saya salah).

[2] Pilih menu, “Info PKB”

Di bagian ini, kita diarahkan untuk mengisi data nomor polisi atau plat nomor..

  • Isi nomor polisi
  • Pilih warna TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor); Hitam, Merah, dan Kuning. Saya tentu saja memilih hitam.
  • Lalu klik, “Cari”
  • Loading, aplikasi meminta data ke server. Di sini kita diajak untuk menunggu sampai server mengeluarkan data besaran nominal yang harus kita bayar.

[3] Dapat Kode Pembayaran

Selanjutnya klik proses dan kita pun dapat kode pembayaran.

[4] Bayar di Alfamart

Sebetulnya sejak keluar rumah saya tadinya mau langsung ke Alfamart yang ada di Soreang tapi saya urungkan dan langsung menuju mobil SAMSAT Keliling. Dan setibanya di loket SAMSAT Keliling petugas memang menganjurkan saya untuk membayar di Alfamart.

[5] Menukar Struk (Bukti) Pembayaran dengan Pengesahan STNK

Seusai membayar saya pun menyiapkan beberapa berkas mulai dari struk bukti bayar Pajak Kendaraan Bermotor, KTP, dan STNK.

Menarik ๐Ÿ’ฏ๐Ÿ‘  Siap Kirim Bumbu Rudjak Ciherang ke Padma Hotel (lagi!)

[6] Selesai

Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara

Cara Mendapatkan Salinan Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran Elektronik yang terdiri dari;

  • BBNKB
  • PKB
  • SWDKLLJ
  • PNPB

Anda tinggal kembali lagi ke Aplikasi SAMBARA lalu pilih menu, “Bukti Bayar” nanti akan muncul informasi data pembayaran ke Bank BJB beserta tanggal pembayaran. Lalu ada pilihan; Bukti Bayar dan Kode QR. Saya sendiri pun memilih menu Bukti Bayar.

Cara mendapatkan bukti bayar pajak kendaraan

Setelah memilih menu bukti bayar, aplikasi akan mengirimkan salinan SKKP PKB/BBNKB/SWDKLLJ dan PNPB berupa dokumen PDF yang bisa diunduh.

e-SKKP dapat kita unduh dengan mudah lewat Aplikasi SAMBARA
e-SKKP dapat kita unduh dengan mudah lewat Aplikasi SAMBARA

Apa itu SAMBARA?

SAMBARA adalah kependekan dari Samsat Mobile Jawa Barat sebuah Inovasi Layanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan yang berupa Aplikasi Smartphone berbasis Android.

Dan ini merupakan Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara saya yang perdana. Sebagai warga Indonesia di Kabupaten Bandung, Soreang yang wajib membayar pajak kendaraan – saya cukup mengakses Layanan Pembayaran Pajak Tahunan di mana saja dan kapan saja. Waktu itu, di ruang kerja Soreangkupod sih


BACA JUGA: Pengalaman Ganti Kartu BCA Xpresi Lewat CS Digital


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Satu tanggapan untuk “Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara”

  1. […] BACA JUGA: Pengalaman Membayar Pajak Kendaraan Bermotor lewat Aplikasi Sambara […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.