Google Business Profile Penting Bagi UKM

Saya Ulangi, Google Business Profile Penting Bagi UKM.

Sesuai dengan kemampuan saya dalam memberikan pelajaran digital marketing, yaitu Google Business Profile – berikut ini poin-poin penting yang biasa saya ajarkan di kelas-kelas pelatihan seperti Kelas Wirausaha Baru (WUB) di UPTD Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Wirausaha Provinsi Jawa Barat – UPTD P3W Jabar atau lebih akrab disebut dengan BALATKOP.

Google Business Profile Penting Bagi UKM

Google Profil Bisnis (GBP) adalah fitur gratis yang memungkinkan bisnis kecil dan menengah (UKM) membuat listingan di Google Penelusuran dan Maps. Cantuman tersebut meliputi beberapa informasi utama seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam buka, situs web, dan foto Anda, produk, dan kantor.

Alasan kenapa GBP penting bagi UKM

Berikut ini seringkali saya jelaskan kepada peserta kelas pelatihan bahwa GBP penting karena dapat memudahkan pengelolan bisnis, seperti:

  1. Ditemukan oleh lebih banyak pelanggan: Saat orang menelusuri bisnis seperti milik Anda di Google, GBP Anda dapat muncul di hasil penelusuran. Ini dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan menghasilkan lebih banyak prospek dan penjualan.
  2. Meningkatkan Tertampil Secara Online: GBP yang dioptimalkan dengan baik dapat membantu bisnis Anda tampil lebih tinggi di hasil pencarian, yang dapat memberi Anda keunggulan kompetitif dibandingkan bisnis lain di industri Anda.
  3. Terhubung dengan pelanggan: GBP memungkinkan Anda berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dengan menanggapi ulasan, menjawab pertanyaan, dan berbagi pembaruan. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Untuk membuat GBP, cukup kunjungi situs Google Profil Bisnis dan ikuti petunjuknya. Anda perlu memberikan beberapa informasi dasar tentang bisnis Anda, seperti nama, alamat, dan nomor telepon Anda. Setelah Anda membuat GBP, Anda dapat mulai menambahkan informasi tambahan, seperti foto, jam operasional, dan situs web.

Tips untuk mengoptimalkan GBP

  • Gunakan kata kunci: Saat Anda menambahkan informasi ke GBP Anda, pastikan untuk menggunakan kata kunci yang kemungkinan besar akan digunakan calon pelanggan saat mencari bisnis seperti milik Anda. Ini akan membantu GBP Anda tampil lebih tinggi di hasil pencarian.
  • Selalu perbarui informasi Anda: Pastikan untuk selalu memperbarui informasi GBP Anda, termasuk nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasi, dan situs web Anda. Ini akan memastikan bahwa pelanggan selalu memiliki informasi yang akurat tentang bisnis Anda.
  • Tanggapi ulasan: Saat pelanggan memberikan ulasan untuk bisnis Anda, pastikan untuk menanggapinya dengan cepat dan profesional. Ini akan menunjukkan kepada calon pelanggan bahwa Anda peduli dengan umpan balik mereka dan bahwa Anda berkomitmen untuk memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.
  • Bagikan pembaruan: Anda dapat menggunakan GBP untuk membagikan pembaruan tentang bisnis Anda, seperti produk atau layanan baru, penawaran khusus, atau acara mendatang. Ini adalah cara yang bagus untuk membuat pelanggan tetap terlibat dan mendapat informasi tentang bisnis Anda.

GBP adalah alat gratis dan cukup mumpuni dalam hal membantu UKM menjangkau lebih banyak pelanggan, meningkatkan keberadaan online mereka, dan terhubung dengan pelanggan secara langsung.

Kalau teman-teman belum memulainya, saya sarankan khususnya pada semua pemilik usaha kecil, untuk membuat Google Business Profile hari ini.

Google Profil Bisnis dapat menguntungkan bisnis apa pun, dan saya sarankan Anda untuk memiliki lokasi fisik. Kenapa? Agar orang lebih percaya saat mereka menemukan produk atau jasa kita secara online.

Dan karakteristik dari GBP adalah localize Business Optimization sehingga cocok bagi UKM yang ingin dikenal di wilayahnya sendiri tanpa harus turun ke lapangan. Sekali saja Anda memiliki GBP maka secara bertahap akan memiliki reputasi sebagai bisnis profesional.

Google Profil Bisnis dapat membantu bisnis:

  • Daftar di Google Penelusuran dan Maps.
  • Muncul di hasil pencarian lokal.
  • Dapatkan lebih banyak ulasan.
  • Terhubung dengan pelanggan secara online.
  • Tingkatkan reputasi online mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Google Profil Bisnis:

  1. Mudah ditemukan di internet: Saat seseorang menelusuri bisnis Anda di Google, Profil Bisnis Anda akan muncul di hasil penelusuran. Ini dapat membantu Anda menarik pelanggan baru yang mencari produk atau layanan Anda.
  2. Terhubung dengan pelanggan lokal: Profil Bisnis Anda dapat membantu Anda terhubung dengan pelanggan lokal yang menelusuri bisnis seperti milik Anda. Anda dapat menggunakan Profil Bisnis untuk membagikan informasi tentang bisnis Anda, seperti jam buka, informasi kontak, dan foto.
  3. Tingkatkan reputasi online Anda: Ulasan adalah cara yang berharga bagi pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka dengan bisnis Anda. Ketika Anda memiliki reputasi online yang positif, ini dapat membantu Anda menarik pelanggan baru dan membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sudah ada.

Saya berani menyimpulkan bahwa jika Anda tidak memiliki Google Profil Bisnis, Anda kehilangan peluang besar untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan reputasi online Anda. Membuat Google Profil Bisnis cepat dan mudah, serta dapat membuat perbedaan besar bagi bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat Google Profil Bisnis yang sukses:

  • Klaim cantuman Anda: Jika bisnis Anda sudah memiliki Google Profil Bisnis, Anda harus mengklaimnya. Ini akan memberi Anda kendali atas cantuman Anda dan memungkinkan Anda untuk memperbaruinya dengan informasi yang akurat.
  • Lengkapi profil Anda: Pastikan untuk melengkapi Profil Bisnis Anda dengan informasi sebanyak mungkin. Ini termasuk nama bisnis Anda, alamat, nomor telepon, jam operasi, situs web, dan foto.
  • Dapatkan ulasan: Dorong pelanggan Anda untuk memberikan ulasan untuk bisnis Anda. Ulasan positif dapat membantu Anda menarik pelanggan baru dan membangun kepercayaan dengan pelanggan yang sudah ada.
  • Tanggapi ulasan: Saat pelanggan memberikan ulasan untuk bisnis Anda, pastikan untuk menanggapinya. Ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan dan umpan balik mereka.
  • Selalu perbarui profil Anda: Pastikan untuk selalu memperbarui Profil Bisnis Anda dengan informasi terbaru tentang bisnis Anda. Ini termasuk jam operasi, informasi kontak, dan produk atau layanan Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membuat Google Profil Bisnis yang akan membantu Anda menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan reputasi online Anda.

Google Profil Bisnis, sebelumnya dikenal sebagai Google Bisnisku, adalah layanan gratis yang membantu bisnis dengan berbagai ukuran ditemukan secara online. Saat membuat Google Profil Bisnis, Anda dapat menambahkan informasi tentang bisnis Anda, seperti nama, alamat, nomor telepon, jam buka, situs, dan foto. Informasi ini akan ditampilkan di Google Penelusuran dan Maps, sehingga memudahkan calon pelanggan menemukan Anda.

Dan berikut sedikit tambahan tips artikel yang dapat Anda lakukan setelah memiliki GBP dan mengelolanya. Khususnya point pembaruan, dalam rangka upaya agar bisa menempati posisi teratas dibandingkan dengan GBP kompetitor, saya sarankan juga agar rutin membuat artikel.

Secara teknis, jumlah kata yang ideal untuk deskripsi artikel sebagai langkah awal, tuliskan sebanyak 150-200 kata. Cara ini akan memberi Anda cukup ruang saat memberikan gambaran singkat tentang artikel dan poin-poin utamanya, tanpa terlalu banyak detail.

Jika Anda menulis artikel untuk topik teknis atau kompleks, Anda mungkin perlu menambah jumlah kata menjadi 300-500 kata. Ini akan memberi Anda cukup ruang untuk menjelaskan konsep secara lebih rinci dan memberikan contoh.

Di sisi lain, jika Anda menulis artikel untuk khalayak umum, Anda mungkin ingin mempersingkat deskripsi, sekitar 100-150 kata. Ini akan memudahkan orang untuk memindai deskripsi dan memutuskan apakah mereka tertarik untuk membaca artikel lengkapnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis deskripsi artikel yang efektif:

  1. Mulailah dengan mengidentifikasi poin-poin penting dari artikel tersebut. Apa topik utama yang Anda ingin pembaca miliki?
  2. Tulis dengan gaya yang jelas dan ringkas. Hindari menggunakan jargon atau istilah teknis yang mungkin tidak dimengerti oleh audiens target Anda.
  3. Gunakan kata kunci di seluruh deskripsi. Ini akan membantu mesin pencari menemukan artikel Anda ketika orang mencari informasi tentang topik itu.
  4. Promosikan manfaat membaca artikel Anda. Apa yang akan pembaca pelajari darinya? Bagaimana itu akan membantu mereka?
  5. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menulis deskripsi artikel yang informatif dan menarik. Ini akan membantu Anda menarik lebih banyak pembaca ke situs web Anda dan meningkatkan peringkat mesin pencari Anda.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menulis deskripsi artikel yang efektif:

  • Gunakan kata kerja yang kuat dan kata-kata tindakan. Ini akan membantu deskripsi Anda menjadi lebih menarik dan menarik untuk dibaca.
  • Gunakan nada bicara. Ini akan membuat deskripsi Anda lebih pribadi dan berhubungan dengan pembaca Anda.
  • Susun bahasa yang serius namun santai dan menunjukkan kita ahli di dalam bisnis yang tengah dikelola dan ditawarkan.
  • Gunakan ajakan untuk bertindak. Beri tahu pembaca Anda apa yang Anda ingin mereka lakukan setelah membaca deskripsi Anda, seperti mengunjungi situs web Anda, mendaftar ke buletin Anda, atau melakukan pembelian.

Kalau semua poin-poin tersebut Anda ikuti, maka Anda telah berhasil membuat sebuah landing page yang potensial dan bisa memudahkan calon peminat untuk benar-benar memilih bisnis Anda.

Suasana Kelas Belajar Mengajar Digital Marketing di Balatkop Jabar (dok. pri)


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.