Kang Ade Truna kirim Bumbu Rudjak Ciherang ke Padma Hotel Bandung

Siap Kirim Bumbu Rudjak Ciherang ke Padma Hotel (lagi!)

Kang Ade Truna kirim Bumbu Rudjak Ciherang ke Padma Hotel Bandung ~ Itu saja sebenarnya cerita baru yang bisa saya share. Namun, saya coba kembali ulas kenapa saya dapat pesanan Bumbu Rudjak Ciherang tersebut.

160 Toples Bumbu Rudjak Ciherang telah kembali dipesan oleh pelanggan kami, Padma Hotel Bandung. Dan tadi malam (Kamis, 1 Desember 2022), kami sudah siapkan dan mengemasnya menggunakan dus yang bisa menampung 12 toples. Jadi, kini sudah terkemas dengan rapi sebanyak 13 dus yang siap kami antarkan. Sementara itu, di hari ini (Jumat, 2/12) – saya pun mendapatkan pesanan Keripik Singkong Tugu Rasa Original 180 gram sebanyak 10 bungkus dari pelanggan kami di Tokopedia.

Itu saja sebenarnya cerita baru yang bisa saya share. Namun, saya coba kembali ulas kenapa saya dapat pesanan Bumbu Rudjak Ciherang tersebut.

Manfaatkan Google Business Profile

Sebelum lebih lanjut saya uraikan tentang teknik memanfaatkan Google Business Profile (GBP), ada baiknya saya awali dengan pertanyaan dari pelaku bisnis yang sudah masuk lewat chat messenger Whatsapp.

Kurang lebih teman saya ini bertanya, pentingkah pebisnis, individu atau komunitas memanfaatkan Google Maps? Dan sudah saya jawab.

Saya sampaikan, menggunakan fitur Google Maps itu baru sebagian kecil dari Memanfaatkan Google Business Profile. Sebab, sekali saja kita menggunakan GBP maka secara otomatis kita akan mendapatkan titik lokasi bisnis yang sedang kita kelola di Google Maps. GBP akan mencatat bisnis milik kita dan menyuguhkan kepada para penggunanya yang mencarinya.

Secara branding tentu tindakan ini sangat efektif, tanpa harus menguasai kaidah SEO nama bisnis beserta semua penjelasannya akan ditemukan oleh warganet yang mencari dengan mudah di mesin pencarian Google.

Contoh konkritnya, Padma Hotel Bandung. Sangat tidak mungkin mereka turun ke jalan dan mencari secara offline, “Siapa nih yang menjual Bumbu Rudjak Ciherang?” Yang paling memungkinkan, tentu saja mereka mencari secara online lewat mesin pencarian Google.

Kalau saja, saya tidak memanfaatkan Google Business Profile menawarkan Bumbu Rudjak Ciherang, kecil kemungkinan orang-orang akan menemukan produk yang saya pasarkan online. Dan bisa jadi saya tidak akan mendapatkan pemesanan dari Padma Hotel Bandung. Lalu, bagaimana caranya? Silakan teman-teman baca artikel saya; Cara Mengoptimalkan Promosi Setelah Produk dapat Views di Google Business Profile ini.

Kang Ade Truna kirim Bumbu Rudjak Ciherang ke Padma Hotel Bandung ~ Itu saja sebenarnya cerita baru yang bisa saya share. Namun, saya coba kembali ulas kenapa saya dapat pesanan Bumbu Rudjak Ciherang tersebut.

Manfaatkan Tokopedia

Seperti yang seringkali saya sampaikan di kelas-kelas pendampingan UMKM – saat bareng Smartfren Community beberapa waktu yang lewat – bahwa hari ini pelaku UKM yang mau memasarkan produk online wajib menggunakan:

  1. Google Business Profile
  2. Website
  3. Chat Messenger
  4. Media Sosial dan yang tidak kalah penting
  5. Marketplace

Nah, kebetulan saya mendapatkan pengalaman pemanfaatan marketplace, Tokopedia. Sama halnya dengan GBP, di Tokopedia pun saya mengoptimalkannya terlebih dahulu sebelum dipasarkan di sana.

  1. Penjudulan
  2. Copywriting
  3. Foto Produk

Ketiga poin tersebut harus benar-benar kita perhatikan agar bisa menarik perhatian pembeli. Karena 1 dari 5 calon pembeli yang sudah condong dengan produk yang kita jual di Tokopedia, berujung dengan berbelanja.

Terbukti, dengan memperhatikan serta mengatur penampilan produk kita di Tokopedia, tidak saja sekadar tertarik dengan tampilannya, pengunjung pun membeli produk yang tengah kita pajang.

Ade Truna Memanfaatkan Tokopedia Menjual Cemilan Keripik Singkong Tugu sebagai upaya membantu memasarkan produk UKM di Kabupaten Bandung.
Saya Memanfaatkan Tokopedia Menjual Cemilan Keripik Singkong Tugu sebagai upaya membantu memasarkan produk UKM di Kabupaten Bandung.

Kesimpulan

Jadi, sangatlah penting bagi kita memiliki Google Business Profile dan Tokopedia — setidaknya untuk Branding. Sehingga orang-orang tahu (aware) dengan produk atau jasa yang sedang kita tawarkan untuk khalayak ramai di internet. Anda cukup lakukan penjudulan seperti yang saya sudah lakukan, contoh; Jual Bumbu Rudjak Ciherang – nampak hard selling? Tapi ini berhasil mendapatkan pelanggan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *